Panduan Penting Sebagai Seorang Pemimpin

oleh

Loading

SWIRADIO.WEB.ID – Leadership adalah keterampilan atau sebuah fungsi manajemen untuk memengaruhi, memotivasi, atau mengarahkan orang lain agar melakukan hal-hal tertentu yang ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sangat penting untuk memiliki leadership skill yang mumpuni bagi seorang pemimpin. Jika merasa hal tersebut belum cukup, tidak ada salahnya untuk mengasah kemampuan yang satu ini mulai sekarang.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara harfiah leadership adalah kepemimpinan. Leadership style bisa diartikan sebagai gaya kepemimpinan seseorang. Hal ini akan dipengaruhi oleh karakter yang bersangkutan.

Pada dasarnya, seseorang yang memiliki leadership skills yang baik, bisa langsung disebut sebagai seorang leader. Sedangkan seorang leader, belum tentu memiliki kemampuan leadership yang baik.

Seseorang pemimpin akan dikatakan sukses jika memiliki leadership skills yang baik dalam menjalankan tugasnya. Hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya dalam memimpin orang-orang yang ada di dalam perusahaan atau bisnis yang dijalankannya.

Berikut ini adalah beberapa sikap-sikap yang dibutuhkan dalam leadership skill seperti, keterampilan sosial, keberanian, kebijaksanaan, dan mampu membuat keputusan.

Fungsi manajemen organisasi meliputi: Planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian) Staffing (pengaturan staff / kepegawaian), Coordinating (koordinasi) Actuating (pelaksanaan program), controlling (pengawasan), evaluating (evaluasi) dan bugetting (penyusunan anggaran).

 

Sumber: cermati.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.