Inilah Keutamaan Sahur Dibulan Ramadhan

oleh

Loading

SWI RADIO – Sahur memegang peranan penting dalam prosesi ibadah puasa. Karena selain termasuk kedalam sunnah, makan sahur bisa memberikan energi yang cukup kepada kita untuk bisa menjalankan aktivitas harian selama puasa.

Sahur dalam bahasa Arab juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Menurut empat mazhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali), puasa tanpa sahur tetap sah asalkan terdapat niat dan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Pasalnya, sahur bukan merupakan rukun puasa, namun syarat sunah puasa yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Salah satu keutamaan makan sahur adalah sebagai bekal energi selama berpuasa. Puasa merupakan ibadah yang membutuhkan persiapan fisik yang baik, karena kita sebagai umat muslim dituntut untuk menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga matahari tenggelam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.