Sejarah Singkat Maulid Nabi SAW

oleh
Penulis: SWI RADIO

Loading

SWI RADIOMaulid Nabi adalah hari raya peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Umat Islam di berbagai negara merayakan Maulid Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW diperingati berdasarkan kalender Hijriah. Berdasarkan kalender Hijriah Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, 12 Rabiul Awal pada tahun ini jatuh pada 1446 Hijriah. Tanggal ini bertepatan pula dengan Senin, 16 September 2024.

Mengenai sejarah maulid Nabi, tentu saja tak terlepas dari peristiwa kelahiran Rasulullah SAW. Sebab, arti kata Maulid Nabi adalah hari lahir Nabi.

Pada hari kelahirannya, pasukan Abrahah datang ke Makkah dengan tentara gajah untuk menghancurkan Kabah. Namun, atas izin Allah, burung Ababil datang berbondong-bondong dengan membawa batu kecil bernama Sijjil dan menghancurkan pasukan Abrahah. Kabah pun terlindungi atas kebesaran dan kekuasaan Allah.

Tahun kelahiran nabi Muhammad juga disebut sebagai tahun Gajah karena peristiwa ini. Sebagai bentuk penghormatan dan ekspresi gembira atas lahirnya Rasulullah, muncullah tradisi Maulid Nabi yang berkembang di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Biasanya, setiap masjid di Indonesia memiliki acara untuk peringatan Maulid Nabi. Seperti melakukan pengajian, makan bersama, atau melakukan perlombaan untuk anak-anak. Di beberapa kota, diselenggarakan upacara tradisi khusus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.